March 17, 2010

Serial Penyakit Hati

Saudaraku, sesungguhnya hati itu mempunyai penyakit,sebagaimana tubuh kita bisa terkena sakit. Tetapi penyakit hati itu 'abstrak' , tidak kelihatan secara fisik. Akan tetapi meskipun tidak kelihatan, penyakit hati justru lebih berbahaya dari pada penyakit jasmani lainnya. Separah-parahnya penyakit jasmani, akibat yang terburuk adalah kita mati ,dan selesailah urusan. Akan tetapi kalau kita mengidap penyakit hati, akibatnya luar biasa. Kehidupan pribadi kita, keharmonisan hubungan sosial, bahkan kehidupan umat manusia seluruhnya akan rosak kalau hati manusia berpenyakit.Bahkan kalau tidak segera diobati akibat dari penyakit hati tidak hanya di dunia saja,akan tetapi membawa kerugiaan sampai di akherat kelak. Makanya iblis la'natullah tidak pernah menyerang badan jasmani manusia,karena itu adalah perbuatan yang sia-sia bagi iblis.Iblis selalu menyerang hati manusia dengan berbagai macam serangan dan godaan yang membiuskan sekaligus mematikan .

Macam apakah penyakit hati itu ?. Hujjatul Islam Imam Al Ghozali dalam buku fenomenalnya Ihya Ulumuddin membagi penyakit hati dalam 10 bagian :
1.Nafsu makan yang rakus.
2.Bicara kotor.
3.Amarah.
4.Hasad / dengki.
5.Bakhil
6.Rakus terhadap harta.
7.Cinta dunia.
8.Kibir/takabur/sombong
9.Ujub
10.Riya'

Dari sepuluh penyakit hati itu, ada 4 penyakit yang paling berbahaya, yang paling banyak ditemukan pada kebanyakan manusia termasuk pada diri kita, yaitu riya', ujub,hasad,dan sombong.Untuk itu pada kesempatan ini saya akan coba membahas empat penyakit hati tersebut.

Riya

Inilah penyakit yang sangat-sangat berbahaya.Riya bisa menghapus semua pahala yang seharusnya kita terima dari sisi Allah. Hampir semua manusia terkena penyakit riya' ini.Amal apapun yang kita lakukan,apabila kita riya'maka ia tidak ada nilainya di sisi Allah.Imam Al Ghozali mengatakan,riya' adalah mencari kedudukan,pujian dan kekaguman manusia dengan melakukan amal-amal kebaikan.Masih menurut beliau,riya dibagi dalam beberapa bagian, yaitu :
1.Riya' dengan anggota badan, misalnya memperlihatkan wajah seolah-olah kurang
tidur,bermata sayu agar manusia mengira ia sering sholat malam.
2.Riya' dengan gaya penampilan,misalnya menundukkan kepala saat berjalan tapi bukan
karena ghaudhul bashar,melainkan agar dikira ghaudhul bashar.Misalnya lagi,berusaha
membuat hitam dahinya agar dikira sebagai ahli sujud.Misalnya lagi selalu memakai
jubah,gamis,sorban,memakai baju koko,agar dikira sebagai orang yang alim.
3.Riya' lewat kata-kata,lewat pembicaraan.Misalnya seorang dai,muballigh menangis
saat berceramah agar dikira ia orang yang sangat takut kepada Allah.
4.Riya'dengan amalan amalan tertentu,misalnya memperlama berdiri dalam sholat,
memperpanjang bacaan sholat,memperlama sujud tetapi semua itu dikerjakan saat ia
menjadi imam sholat jamaah saja,sedangkan saat sholat sendirian sangat cepat jauh
dari khusyu'.

Riya' disebut pula syirik kecil (syirkul asghar) karena orang yang riya' pada hakekatnya tidak beramal liwajhillah tetapi liwajhinnas.Rasulullah saw pernah besabda
"Sesungguhnya yang paling aku takutkan dari kalian adalah syirik kecil" Sahabat bertanya "apakah syirik kecil itu wahai Rasulullah"? Rasulullah menjawab, "riya".

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

touching heart songs

Powered by eSnips.com
 
Copyright© sUdUT hATi